Langsung ke konten utama

stasiun tua secang

Stasiun tua secang


Stasiun Secang (SCA) adalah stasiun kereta api nonaktif yang berada di Secang, Secang, Magelang. Stasiun yang terletak pada ketinggian ±466 m ini terletak di Daerah Operasi VI Yogyakarta.
Stasiun ini dahulu dibangun pada tahun 1898 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda saat itu. Stasiun ini dahulu merupakan stasiun cabang yang mempunyai tiga jalur ke Semarang, Yogyakarta dan Temanggung. Sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, operasional stasiun ini diambil alih oleh perusahaan kereta api Republik Indonesia yang baru dibentuk yaitu Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKA); pendahulu PT Kereta Api Indonesia.
Sebelum tahun 1970, stasiun ini masih ramai melayani calon penumpang. Namun, pada tahun 1970, para calon penumpang di stasiun ini menurun drastis karena kereta api saat itu berjalan sangat pelan dan sering menimbulkan kecelakaan karena rel kereta berada di pinggir jalan raya. Maka dari itu para penumpang lebih memilih menggunakan moda trasnportasi yang lainya seperti bus, mobil pribadi, dll.
Stasiun ini akhirnya ditutup oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api pada tahun 1976 berikut seluruh layanan dan lintasannya. Pada tahun 1973, praktis jalur kereta api yang menuju ke Parakan dan stasiun-stasiun di lintasannya ditutup. Pada tahun 1976, jalur yang menuju Kedungjati dan Yogyakarta juga dinonaktifkan. Oleh karena itu stasiun ini pun akhirnya ditutup. Kini stasiun ini difungsikan sebagai kantor cabang sekretariat Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri), Secang.
 Image result for stasiun secangImage result for stasiun secang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara men stroke up bandul gl series

Mesin Honda GL Pro Stroke Up 9mm Dear pembaca semua, berhari hari bikin artikel tentang bis, awb kangen juga bikin artikel tentang motor, well kali ini awb akan sedikit berbagi pengalaman awb ketika dulu modif si megapro.. maklum ini motor dulu sering jadi kelinci percobaan awb wkwkwk.. ceritanya nih dulu megapro yang awal mulanya standar awb sudah stroke up 200 cc pake kruk as tiger, bagi yang pengen baca , nah di lain hari awb tergoda buat stroke up lebih ekstrim lagi, naik jadi 9mm.. Maka dikirimlah bandul asli megapro dari Jogja ke Surabaya untuk di stroke up di bengkel  yang dulu ngurusin masalah bandul ini, termasuk ngelobi bengkel agar mau ngerjain, karena sebenernya udah nggak mau nerima stroke up lagi.. kiri bandul standar tiger, kanan bandul stroke up 9 mm milik awb, rapi jali kan Harus sabar menanti sampai berminggu minggu, sampai terdengar kabar bahwa bandul sudah jadi dan akan dikirim ke jogja, begitu sampai jogja awb terkaget kag...