Langsung ke konten utama

cara men stroke up bandul gl series

Mesin Honda GL Pro Stroke Up 9mm

Dear pembaca semua, berhari hari bikin artikel tentang bis, awb kangen juga bikin artikel tentang motor, well kali ini awb akan sedikit berbagi pengalaman awb ketika dulu modif si megapro.. maklum ini motor dulu sering jadi kelinci percobaan awb wkwkwk.. ceritanya nih dulu megapro yang awal mulanya standar awb sudah stroke up 200 cc pake kruk as tiger, bagi yang pengen baca , nah di lain hari awb tergoda buat stroke up lebih ekstrim lagi, naik jadi 9mm..
Maka dikirimlah bandul asli megapro dari Jogja ke Surabaya untuk di stroke up di bengkel  yang dulu ngurusin masalah bandul ini, termasuk ngelobi bengkel agar mau ngerjain, karena sebenernya udah nggak mau nerima stroke up lagi..
kiri bandul standar tiger, kanan bandul stroke up 9 mm milik awb, rapi jali kan
Harus sabar menanti sampai berminggu minggu, sampai terdengar kabar bahwa bandul sudah jadi dan akan dikirim ke jogja, begitu sampai jogja awb terkaget kaget, garapan bandulnya sangat rapiii, aluss, dan sudah ditambah bobotnya pula.. sekilas seperti bandul motor standar, nggak kelihatan kalau ini bandul stroke up 9 mm hahaha.. kayaknya digarap pake mesin cnc ini  dan awb sangat puas dengan barangnya .. cak benjol emang top markotop ..
Singkat kata dirakitlah bandul ini ke motor awb, yang ngrakit adalah Mas Wisnu (salah satu sesepuh IMPX Jogja  ), jangan salah lho yaa walaupun ngebengkel cuman di emperan kos, tapi kerjaan disini jempolann.. murah, rapih , telitii dan bergaransi ..
Setelah dipasang weladalah motor jadi mumbul mumbul , torsinya krasa enak banget buat cruising bahkan di low rpm, bensin juga jadi lebih irit.. soal getaran juga masih bisa ditoleransi menurut awb, apalagi setelah dibuatkan pangkon mesin custom .. spek mesin kala itu adalah stroke up 9 mm ( jadi 213 cc), karbu standar mega pro, seher mega pro, koil mega pro, final gear 14:41 .. untuk memanjangkan nafas akhirnya gigi primer sekunder juga diganti dengan menggunakan milik honda tiger ..
Tak ada gading yang tak retak, yang namanya modifikasi pasti bawa konsekuensi juga, berikut awb share beberapa sisi negatifnya..  dengan dilakukannya stroke up maka kompresi otomatis naik, apalagi awb masih pake seher megapro yang jenong hahaha.. selahan motor pun jadi berat sampe kudu berdiri satu kaki kalo nyelah  , bahkan pertama kali dipakai, spi magnet langsung patah gara gara nggak kuat nerusin tenaga dari stater ke kruk as.. Oh ya stater megapro standar masih kuat lho buat ngangkat kompresi setinggi ini . .. karena kompresi tinggi, mesin cenderung lebih panas dari mesin standar, konsumsi oli juga lebih boros, kudu rajin ngecek oli sebulan sekali jangan pake oli encer, pake yg kental spek 20-50 w aja.. biar nggak panas gimana ? saran awb silahkan pake seher tiger biar kompresi lebih rendah, pasang oil cooler juga biar oli jadi ademm..  .
Konsekuensi kedua adalah torsi sangat besar, maka baiknya diganti gigi primer sekundernya (ronsel) dengan milik tiger, jadi nafas motor kerasa lebih panjang, final gear juga diperberat.. Knalpot juga harus dibobok supaya tenaga tidak tertahan.. Jangan protes stroke up itu mahalll lho ya wkwkwk, namane modifikasi itu pasti merembet ke part part lain yang harus menyesuaikan..
Ganjel alumunium 9mm + packing tebel , pahe aja nggak kuat beli blok tiger
Sisi positifnya adalah tenaga motor jadi berlimpah ruah, bahkan dari rpm rendah, woles aja mau ngadepin berbagai medan tanjakan seekstrim apa, ketemu cb jadi jadian juga berani gas blarr blarr.. motor juga jadi lebih irit awb pernah awb test bisa tembus sekitar 1 liter bbm bisa menempuh jarak 41 km .. sangat irit untuk ukuran motor 213 cc  .. ebagai perbandingan ketika spek standar, mega pro awb konsumsi bensinya 1:33 mentok 1:35 nan heheh,.. yang terakhir adalah walaupun motor tampang standar, tapi kalau lawan lihat ganjelan alumunium  9mm di blok mesin, meraka bakal berpikir 2x untuk ngremehin ..

Komentar